Pages

Kamis, 17 November 2011

Tips membuat suara rekaman jadi keras

Jadi alasan gue nulis tulisan ini, karena gue sekelas dapet tugas English for Math. Kalo kelas gue nyingkatnya EFM.. kite disuruh buat power point (PP) tentang materi matematika menggunakan bahasa Ingris dan menggunakan suara kita. Problemnya (weisss bahasa gue :p ) temen temen gue bingung kok rekamannya kecil suaranya?? Dan gue akan ngasih tau caranya. Pertama, gue ngerekam pakai handphone gue yang paling gue saying, yang butut, buluk, busuk, tapi dipakein susuk jadi bagus banget.. (hp ku tersayang -_-“). Kalau kita rekam suara kita menggunakan Hp maka formatnya amr, convert dulu jadi WAV, Karena kalo di PP gak bisa amr, bisanya WAV (yang gue tau…) .. Kalau sudah kita akan kerasn suaranya.. Gue menggunakan aplikasi Audacity (I’m loving it). Kalau mau download cari aja ye di Om Google.. Buka dah tu aplikasinya..
Nih tampilannya.. Sekarang open file suara yang mau kalian kerasin (dikerasin?? Masukin lemari es aje ye,, :p )
Oke.. abis ntuh (eaaa bahasanye :p ) kalau udah dipilih filenya kite akan muncul gambar kayak gambar detak jantung.. (gue gak tau dah tuh apa namanya.. nih juga gara-gara hasil coba coba hehehe :p ).. blok gambar ntuh.. bisa dilihat gambar perbedaannya..


Kalo udah di blok, pilih effect, lalu pilih amplify, ntar keluar dah tuh jendela amplify.. kayak di bawah ini..
Geser yang ditunjuk panah ke arah kanan, terserah mau berapa ajah secukupya (woilah garem kali :p ) centang yang ada di lingkaran di gambar atas “allow clipping” lalu klik OK.. (siipp) play sound tersebut, apakah sudah cukup keras?? Kalo belum undo, lalu ulang lagi, geser lagi ke kanan agak jauh.. jangan lupa centangannya.. :P Ntar akan terlihat perbedaannya..
Sebelum
sesudah
Kalo udah sip.. simpan sound itu , pilih file, pilih export as WAV.. lalu simpan di tempat dan nama yang di inginkan.. langsung bisa di import ke PP..
Biasanya kalau kia buat power point pakai sound, soundnya harus di copy juga dalam satu folder bersama PP nya, jika tidak ingin seperti itu, nih ade tips nya.. insert sound.. pilih Automatically (tar saat presentasi, sounnya langsung bunyi tanpa harus di klik)
Trus pilih option, lakukan seperti dalam lingkaran di bawah ini.. centang Hide During Show (lambang soundnya gak ada saat presentasi) Centang High (mengeraskan sound) Max Sound File size nya ganti jadi 6000 atau boleh di atasnya..

Seperti itu lah tipsnya..,, kalau ada banyak salah, maapin lah.. kan kita nyoba nyoba.. Karena tugas nih.. hihi jangan lupa comment yak.. EM Kalau mau Tanya di Twitter yak.. hehehehehe

3 komentar:

Admin mengatakan...

thank,, follow q ya,,

Niemba mengatakan...

Thank you. Follow dunds!

niembaenglishwell.blogspot.com

Tks...

HALIM BLOG mengatakan...

kok malah soundnya ndak beraturan... jalannya cepat.......

Posting Komentar

silahkan siapa aja boleh kasih comment kok ....